Aisatsu dalam bahasa jepang artinya salam (greetings). Orang jepang hampir dalam setiap pertemuannya menggunakan salam (aisatsu), untuk itu bagi yang sedang belajar bahasa jepang ada baiknya mempelajari salam yang digunakan oleh orang jepang sekaligus untuk menambah kosakata bahasa jepang kita.

Berikut adalah salam yang biasa digunakan oleh orang jepang beserta penjelasannya :

  1. はじめまして (Hajimemashite)
    Digunakan untuk perkenalan pertama dengan orang yang baru dijumpai. Jika seseorang sudah pernah bertemu, maka salam perkenalan ini tidak lagi digunakan. Artinya hanya digunakan sekali saja saat awal perjumpaan atau perkenalan.
  2. おはよう (Ohayou)
    Ohayou digunakan untuk menyampaikan salam selamat pagi, tetapi salam ini biasanya digunakan secara tidak formal atau dengan kata lain salam selamat pagi ini digunakan untuk menyapa pada lawan bicara yang berusia seumuran. Salam ini digunakan secara informal, biasanya anak-anak muda jepang menggunakan salam ini untuk menyapa temannya
  3. おはようございます(Ohayou gozaimasu)
    Ohayou gozaimasu digunakan untuk menyapa selamat pagi, tetapi salam ini digunakan untuk menyapa secara formal, contohnya dalah seorang murid yang menyapa gurunya.
  4. こんいちわ (Konnichiwa)
    Konnichiwa biasanya digunakan untuk arti selamat siang, tetapi beberapa kasus menggunakan konnichiwa untuk mengungkapkan salam ‘halo/hai’ secara formal. Jika kita menggunakannya untuk mengungkapkan selamat siang, konnichiwa dapat digunakan selama kondisi langit masih cerah.
  5. こんばんわ (Konbanwa)
    Konbanwa digunakan untuk mengungkapkan salam ‘selamat malam’. Bebrapa kondisi, konbanwa juga digunakan saat sore hari, dengan syarat langit pada saat itu sudah berubah menjadi gelap atau saat kondisi sedang mendung.